Nama :Anita
Nama penguji :Dr,Dra,Hj, Ratno Intani za,m,sc
Media: Kalbarpost.co.id.
Pendidikan aktual di Indonesia
Kalbar post.co.id. Pontianak Kalbar Jum’at 19- sept- 2025 Sekolah tanpa guru di daerah terpencil
Ada laporan bahwa di beberapa wilayah, sekolah-sekolah dasar (SD) tidak punya guru tetap untuk mata pelajaran tertentu. Beberapa siswa harus menunggu lama atau memakai sistem sambilan/bergantian.
. Implementasi Kurikulum Merdeka
Pemerintah terus mendorong Kurikulum Merdeka, dengan penekanan baru pada asesmen formatif & sumatif, penilaian yang lebih holistik dan penguatan peran siswa aktif dalam proses belajar.
. Kesenjangan akses pendidikan
Masih terdapat jurang besar antara daerah perkotaan dan pedesaan, terutama dalam hal fasilitas, infrastruktur, akses internet, dan kualitas guru. Daerah terpencil sering kekurangan guru berkualitas.
Peningkatan kapasitas guru
Guru-guru diberikan pelatihan khusus, misalnya terkait asesmen formatif/sumatif, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan adaptasi terhadap Kurikulum Merdeka. Ada juga wacana beasiswa atau program peningkatan kualifikasi bagi guru yang belum berlatar pendidikan minimum tertentu.
Viralnya isu keterbatasan fasilitas & infrastruktur
Contohnya sekolah-sekolah yang kekurangan ruang kelas, fasilitas sanitasi, akses air bersih, dan masalah jarak (beberapa siswa harus menempuh perjalanan jauh ke sekolah).
Peran teknologi & pembelajaran daring
Pandemi COVID-19 mempercepat pemanfaatan pembelajaran online atau hybrid. Meski demikian, tantangan masih dari akses internet stabil, perangkat yang memadai, dan pelatihan guru agar bisa maksimal menggunakan teknologi dalam pembelajaran.
1 dosen , pendidikan yg memiliki penelitian
2 kepala, sekolah mengawasi pendidikan
3 murid, mempertanyakan kenyamanan dalam pendidikan